Selasa, 20 November 2012

(INPUT/OUTPUT UNIT DAN ARSITEKTUR FAMILY KOMPUTER (IBM)


TUGAS SOFTSKILL PERTEMUAN KE 3
(INPUT/OUTPUT UNIT DAN ARSITEKTUR FAMILY KOMPUTER (IBM)

1.INPUT/OUTPUT UNIT .

Unit I/O dari sebuah komputer era modern memegang peran penting selain unit-unit yang lain (contoh memori eksternal) , dengan berbagai macam jenis dan varian sekarang kita dapat menemukan dan memiliki berbagai jenis peralatan I/O yang dapat kita instal ke komputer kita dengan cepat dan dapat menambah fitur-fitur baru di PC kita . Berbagai  varian ini memiliki kecepatan yang berbeda-beda dalam penggunaanya yang terkait dengan aliran data , misal printer . printer merupakan peralatan output komputer yang digunakan untuk mencetak documen ke dalam media kertas . printer dengan media pencetak tinta berbeda kecepatanya dengan media pencetak karbon (LASER) . Ini baru 1 contoh varian dan produk I/O belum yang lainya , dari banyaknya varian ini memang konsumen menjadi lebih teliti sebelum membeli , meski jika dibandingkan dengan unit-unit yang lainya di dalam sebuah PC , I/O termasuk yang paling lambat dibandingkan RAM dan CPU , serta ketergantungan I/O pada modul yang harus diikut sertakan dalam instalasinya menjadikan beberapa permasalahan yang terdeteksi dari I/O.  

A.SISTEM BUS .

Sistem Bus merupakan jalur penghubung antar alat pada komputer yang digunakan sebagai media dalam proses melewatkan data pada suatu proses. Bus ini bisa dianggap sebagai sebuah pipa, dimana pipa atau saluran tersebut digunakan untuk mengirimkan dan menerima informasi antar alat yang dihubungkannya. Pada sistem komputer, bus ini termasuk perangkat internal, kecepatan pengiriman informasi melalui bus ini dilakukan dengan kecepatan tinggi.
Alat transformasi data dari terminal satu ke terminal lain di dalam CPU. Jalur utama aliran data antara processor ke komponen lainnya (seperti sound card, video card, memory) pada mainboard.
Karakteristik bus adalah:
1.
Jumlah interupsi mementukan banyak perangkat independen yang melakukan I/O.
2.
Ukuran bus data eksternal berakibat pada kecepatan operasional I/O.
3.
Ukuran bus alamat menentukan banyak memori yang ditunjuk board ekspansi.
4.
Kecepatan clock maksimum yang dapat diakomodasi bus berakibat pada kinerja.
Pada setiap microprocessor (CPU) selalu terdapat tiga (3) sistem BUS dasar yaitu :
1.
Data BUS
(bi-directional)
2.
Address BUS
(uni-directional)
3.
Control BUS
(uni directional)

B.STANDAR INPUT/OUTPUT INTERFACE .

Fungsi interface adalah sebagai perantara antara user dengan hardware untuk menyediakan lingkungan yang bersahabat. Dengan demikian, user tidak memiliki kekhawatiran untuk mengoprasikan perangkat level bawah.


C.PENGAKSESAN PERALATAN INPUT/OUTPUT .

Input / Output Interface diperlukan setiap kali Input / Output device didorong oleh prosesor. Antarmuka harus memiliki logika yang diperlukan untuk menafsirkan perangkat alamat yang dihasilkan oleh prosesor. Handshaking harus dilaksanakan oleh antarmuka menggunakan perintah yang sesuai seperti (Sibuk, SIAP, WAIT), dan prosesor dapat berkomunikasi denganInput / Output device melalui antarmuka. Khusus Input / Output monad, yang memungkinkan program untuk hanya menguraikan Input / Output, dan tindakan yang dilakukan diluar program. Hal ini penting karena Input / Output fungsi akan memperkenalkan efek samping untuk setiap bahasa pemrograman, tapi sekarang pemrograman fungsional murni praktis. Berikut alamat yang dapat disimpan dalam register. Instruksi akan memiliki register yang memiliki alamat tersebut. Jadi untuk mengambil data, instruksi harus mendaftar didekode sesuai dipilih. Isi register akan diperlakukan sebagai alamat menggunakan alamat lokasi memori yang sesuai dipilih dan data dibaca / ditulis. Port-mapping Input / Output biasanya memerlukan penggunaan instruksi yang secara khusus dirancang untuk melakukan Input / Output operasi.

2.ARSITEKTUR FAMILY KOMPUTER (IBM) .


A.Family IBM PC dan turunannya

Komputer personal pertama kali muncul setelah diperkenalkan mikroprosesor, yaitu chip tunggal yang terdiri dari set register , ALU dan unit control computer.
IBM PC merupakan arsitektur bus tunggal yang disebut PC I/O Channel BUS atau PC BUS. PC BUS melengkapi PC dengan8 jalurdata, 20 jalur alamat, sejumlah jalur control dan ruang alamat fisik PC adalah 1 MB. Sejak diluncurkan oleh IBM, IBM PC memiliki beberapa keluarga, yakni :
·                     IBM 4860 PCjr
·                     IBM 5140 Convertible Personal Computer (laptop)
·                     IBM 5150 Personal Computer (PC yang asli)
·                     IBM 5155 Portable PC (sebenarnya merupakan PC XT yang portabel)
·                     IBM 5160 Personal Computer/eXtended Technology
·                     IBM 5162 Personal Computer/eXtended Technology Model 286 (sebenarnya merupakan PC AT)
·                     IBM 5170 Personal Computer/Advanced Technology

B.Konfigurasi microkomputer dasar

Chipset adalah set dari chip yang mendukung kompatibel yang mengimplementasikan berbagai fungsi tertentu seperti pengontrol interupt, pengontrol bus dan timer.
Chip khusus yang di sebut koprosesor yang beroperasi bersama dengan CPU guna meningkatkan fungsionalitasnya.

C.Komponenn IBM PC
       
    1.  Sistem Kontrol BUS : Pengontrol BUS, Buffer Data, dan Latches Alamat
        2.  Sistem Kontrol Interrupt : Pengontrol Interrupt
        3.  Sistem Kontrol RAM dan ROM : Chip RAM dan ROM, Decoder Alamat, dan Buffer
        4.  Sistem Kontrol DMA : Pengontrol DMA
        5.  Timer : Timer Interval Programmable
        6.  Sistem Kontrol I/O : Interface Paralel Programmable

 D.Sistem software

 1. Penetapan Alamat Port I/O
 2. Penetapan Vector Interrupt
 3. ROM BIOS
 4. Penetapan Alamat Memori

E.Manfaat arsitektural arsitek komputer

1. Kemudahaanpenggunaan
2. DayaTempa
3. DayaKembang
4. Expandibilitas

SUMBER :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar