Rabu, 12 Juni 2013

TUGAS KE 4 : Geostrategi



Geostrategi
Geostrategi adalah suatu strategi dalam memanfaatkan kondisi lingkungan di dalam upaya mewujudkan cita-cita proklamasi dan tujuan nasional. Bagi bangsa Indonesia geostrategic di artikan sebagai metode untuk mewujudkan cita-cita proklamasi sebagai mana tercantum dalam pembukaan UUD 1945 melalui proses pembangunan nasoinal. Sesuai dengan pembukaan UUD 1945 alinea  III yang berbunyi “atas berkat rahmat allah yang maha kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya. Dan alinea IV “Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu pemerintahan Negara Indonesia, melindungi segenap bangsa Indonesia, dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kecerdasan bangsa.” Yang merupakan landasan fundamental geostrategic Indonesia.
Berkembangnya geostrategic sangat erat kaitannya dengan hakikat terbentuknya bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam etnis, suku, ras, agama.Geostrategi Indonesia berawal dari kesadaran akan Indonesia yang majemuk dan heterogen. Geostrategi Indonesia diperlukan dan dikembangkan untuk mempertahankan integritas bangsa dan wilayah Negara Indonesia dan dirumuskan dalam bentuk ketahanan nasional.
Prinsip-prinsip nasionalisme Indonesia adalah
1.      kesatuan sejarah
2.      Kesatuan nasib
3.      kesatuan kebudayaan
4.      kesatuan wilayah
5.      kesatuan asas kerohanian

Ketahanan Nasional
Pengertian ketahanan nasional
Ketahanan nasional merupakan  kondisi dinamik suatu bangsa berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan ketahanan nasional. Di dalam menghadapi dan mengatasi segala ancaman, tantangan, halangan, gangguan baik yang datang  dari dalam, maupun yang dating dari luar, yang secara langsung, maupun yng tidak langsung membahayakan integritas, identitas dan kelangsungan hidup bangsa dan Negara.Serta perjuangan mengejar tujuan perjuangan nasional.Ketahanan akan terwujud apabila segmen-segmen kehidupan terintegrasi dengan trigatra.



Hakikat ketahanan nasional
Hakikat ketahanan nasional adalah: kondisi kemampuan dan kekuatan bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidup dan mengembangkan kehidupan nasional bangsa dan Negara dalam mencapai tujuan nasional menuju kejayaan bangsa dan Negara

Konsepsi ketahanan nasional
Secara konseptual ketahanan nasional dilatar belakangi oleh:
-          Kekuatan apa yang ada pada suatu bangsa dan Negara sehingga mampu mempertahankanhidupnya.
-          Kekuatan apa yang harus dimiliki oleh suatu bangsa dan Negara, sehingga mampu mempertahankan hidupnya meskipun berbagai gangguan, ancaman mengalami.
-          Ketahanan nasional suatu bangsa untuk tetap jaya.

Berdasarkan pengertian sifat-sifat dasarnya , maka ketahanan nasional adalah
a.       Integritas
Segenap aspek kehidupan kebangsaan yang berhubungan dengan lingkungan sosial yang saling mangadakan penyesuaian yang selaras.
b.      Mawas  kedalam
Diarahkan kepada diri bangsa untuk mewujudkan hakikat dan sifat nasionalis.
c.        Menciptakan kewibawaan
Mewujudkan suatu kewibawaan nasional serta memiliki deterrent effeck.
d.      Berubah menurut waktu

Ketahanan nasional bersifat dinamis yang sangat tergantung pada situasi dan kondisi.
1.      Model asta grata
Merupakan perangkat hubungan bidang-bidang kehidupan manusia dan budaya yang berlangsung di bumi dengan memanfaatkan kekayaan alam dengan menggunakan kemampuannya
Model pengkajiannya lemhanas ada 8 unsur,3 unsur aspek alamiah
a.       Gatra letak dan kedudukan geografi
b.      Gatra keadaan dan kekayaan alam
c.       Gatra keadaan dan kemampuan penduduk
Dan 5 aspek kemasyarakatan
-           ideology,
-           politik,
-          ekonomi,
-          sosial budaya
-          pertahanan
-          keamanan

2.      Model Morgenthau
Bersifat deskriptif kualitatif dengan jumlah gatra yang cukup banyak yang diturunkan secara analitis.Aspek-aspeknya:
1.      Kekuatan nasional
2.      Kemampuan geografi
3.      Kemampuan sumber daya alam
4.      Kemampuan industry
5.      kemampuan militer
6.      Karakter nasional
7.      Kualitas diplomasi

3.      Model Alfred Thayer mahan
Kekuatan nasional suatu bangsa dapat dipenuhi apabila bangsa tersebut memenuhi unsur
1.      letak geografis
2.      bentuk bumi
3.      luas wilayah
4.      jumlah penduduk
5.      watak nasional
6.      sifat pemerintah

4.      Model cline
Hubungan antara Negara pada hakikatnya dipengaruhi oleh suatu Negara terhadap Negara lain.

FUNGSI KETAHANAN NASIONAL
a.       Sebagai doktrin dasar nasional untuk menjamin terjadinya pola pikir, pola sikap, pola tindakan dalam menyatukan langkah bangsa baik bersifat inter regional maupun multi disiplin.
b.      Metode pembinaan kehidupan nasional
c.       Pola dasar pembangunan nasional.Sebagai pedoman dalam pembangunan nasional yang dilakukan sesuai dengan program pembangunan.

Pengaruh aspek ketahanan nasional
Terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
1.      Pengaruh aspek ideology :Ideologi secara harfiah berarti ilmu tentang pengertian dasar.Perhatian kepada konsep ideology menjadi berkembang lagi antara lain karena pengaruh karl marx .Ideologi menjadi vokabuler penting di dalam pemikiran politik maupun ekonomi.Maka ideology Negara dalam arti cita-cita Negara atau cita-cita yang menjadi basis suatu teori atau system kenegaraan untuk seluruh rrakyat dan bangsa yang bersangkutan pada hakikatnya merupakan asas kerohanian  yang antara lain memiliki cirri-ciri berikut:
a.       Mempunyai derajat yang tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan
b.      Oleh karena itu mewujudkan suatu asas kerohanian, pandangan dunia, pandangan hidup, pedoman hidup dan dilestarikan kepada generasi berikutnya.Bangsa Indonesia menghadapi berbagai benturan kepentingan ideology yang saling tarik menarik sehingga bangsa Indonesia memiliki visi yang jelas bagi masa depan bangsa maka harus membangun ketahanan ideology yang berbasis pada falsafah bangsa sendiri yaitu ideology pancasila yang bersifat demokratis, nasionalistis dan berkeadilan sosial.Tarik menarik kepentingan ideology akan sangat mempengaruhi postur ketahanan nasional dalam bidang ideology bangsa Indonesia.



Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar